mengenal osv dan os eye




Bagan sistem operasi dan kernel eye.Os dan OSv


http://image.slidesharecdn.com/sistemoperasi-arsitekturkomputerpengantarosdankernel-150225051849-conversion-gate02/95/sistem-operasi-arsitektur-komputer-pengantar-sistem-operasi-dan-kernel-41-638.jpg?cb=1424841703


Cara os v bekerja pada jvm
Virtual Machine Sistem Operasi, adalah jenis virtual machine yang dapat menciptakan lingkungan sistem komputer atau sering disebut sebagai komputer virtual agar dapat menjalankan sistem operasi yang lain. Virtual machine ini sering disebut sebagai emulator, karena mengemulasi sistem operasi menjadi sebuah mesin virtual. Contoh dari virtual mesin ini adalah VMWare Workstation dan Microsoft Virtual PC.
a.    VMWare Workstation
VMWare Workstation adalah jenis perangkat lunak virtual machine sistem operasi yang dapat menjalankan beberapa jenis sistem operasi secara bersamaan dalam satu waktu. VMWare Workstation merupakan produk perangkat lunak komersial yang dikembangkan oleh EMC Corporation. Perangkat lunak ini merupakan virtual machine untuk komputer dengan platform Intel x86 atau sejenisnya.
Dengan cara menciptakan komputer virtual pada sebuah sistem komputer, maka sistem operasi yang lain dapat dijalankan pada komputer virtual tersebut. Setiap virtual komputer yang diciptakan dapat menjalankan sistemnya sendiri dan memiliki sistem operasi sendiri. Beberapa contoh sistem operasi yang didukung adalah Windows, Linux, Solaris, dan keluarga BSD. Jadi dengan perangkat lunak VMWare, maka sebuah komputer secara fisik dapat menjalan beberapa sistem operasi sekaligus secara bersamaan.
b.    Virtual PC
Virtual PC adalah jenis perangkat lunak virtual machine sistem operasi untuk Mac OS dan Windows. Pada awalnya virtual PC dikembangkan oleh Connectix kemudian turunannya diakuisisi oleh Microsoft. Virtual PC memvirtualkan komputer dengan standar PC dan semua komponen perangkat kerasnya. Dengan cara ini, maka virtual PC dapat menjalankan semua sistem operasi yang dimiliki oleh sebuah PC. Masing-masing sistem operasi yang berjalan pada sebuah perangkat komputer akan mengendalikan setiap komponen perangkat keras virtual, dan hanya satu sistem operasi utama yang mengendalikan perangkat keras fisik.
Versi pertama dari virtual PC dikembangkan untuk komputer jenis Macintosh dan dirilis pada Juni 1997. Berikutnya pada bulan Juni 2001 dirilis virual PC versi 4.0 yang sudah mendukung sistem operasi Windows. Selanjutnya pada bulan Februari 2003, Microsoft mengambil alih produk virtual PC ini sekaligus merilis produk Virtual Server juga dari Connectix. Versi terbaru dari virtual PC saat ini adalah Virtual PC 2004 untuk sistem operasi Windows yang setara dengan virtual PC untuk Mac OS versi 7.

Tingkat Virtualisasi Sistem Virtual Mesin :
1. Virtualisasi   penuh   yang  mensimulasikan   seluruh   fitur  perangkat  keras   sehingga memungkinkan perangkat   lunak berjalan pada VM tanpa  modifikasi.
2. Virtualisasi   paruh,   di  mana   tidak   semua   fitur perangkat keras disimulasikan.
3. Virtualisasi asli, yang mana merupakan   virtualisasi   penuh   yang   digabungkan   dengan   bantuan   perangkat keras yang mendukung virtualisasi.





Paket – paket yang di dukung oleh eye.Os dan OSv
·         Eye.Os
1.    Apache2TRIAD (http://apache2triad.net)
3.    APPSERV (http://www.appservnetwork.com)
4.    EASY PHP (http://www.easyphp.org)
5.    Uniform Server
·         OSv
1.     

a.    Kelebihan dan kelemahan eye.Os dan OSv
·         Eye.Os
Kelebihan
1.            Tidak memerlukan instalasi
2.            Penggunaan yang mudah
3.            Tempat penyimpanan yang terpadu
4.            Penambahan aplikasi dapat kita buat sendiri
Kekurangan
1.            Keamanan data yang bersifat privasi menjadi sulit untuk dilindungi
2.            Aplikasi office yang sederhana.

·         OSv
Keuntungan menggunakan VirtualBox
1.    Instalasi ke sistem cepat, instalasi OS Client juga cepat.
2.    Mudah digunakan, menyediakan pengaturan-pengaturan lebih lanjut.
3.    Secara keseluruhan cepat, OS client (windows XP) mendekati kecepatan asli-nya
4.    Gratis.
5.    Ringan dibandingkan dengan VMware
6.    Mendukung banyak virtual hardisk.
7.    Video memory (vga), bisa diatur, performa cpu juga bisa diatur persentasenya. Kekurangan Virtual Box
1. Tidak bisa mengakses perangkat yang membutuhkan koneksi USB dengan sempurna (misal aplikasi Desktop Manager Blackberry tidak bisa digunakan untuk membackup data)
2. Beberapa game yang fullscreen tidak berjalan. (Saya mencoba Age Of Empires)
3. Membutuhkan memory yang besar, dan anda harus pandai-pandai mengatur resource memory untuk setiap virtual machine ( jika beberapa virtual machine dijalankan sekaligus ). Low / kekurangan memory dapat membuat semua virtual machine yang sedang running menjadi hang / crash, dan tentu saja terpaksa direboot agar bisa berjalan normal kembali. Pada VMware, jika low memory, tidak sampai hang, hanya menjadi sangat lambat.
4. Fitur drag n drop tidak berfungsi, pada banyak virtual machine. Sedang pada VMware, drag n drop berjalan mulus, tidak masalah.
5. Network ID untuk satu buah virtual machine, hanya 4 buah. Masih kalah dibandingkan dengan VMware Workstation bisa mencapai 10 buah.
6. Dan beberapa fitur yang ada pada VMware Workstation, namun tidak dimiliki oleh VirtualBox. Unity, fitur ini keren, virtual machine (Sistem Operasi tambahan) serasa menjadi satu dengan Sistem Operasi host (System Operasi utamanya). Terkoneksi ke server. Capture movie. apa yang dikerjakan dalam virtual machine, bisa terekam dan dibuat menjadi movie / video. Proteksi, ketika akan membuka menu setting pada virtual machine, bisa diset password untuk keamanannya.
silakan bagi yang ingin download pdfnya disini

Comments

Popular Posts